Senin, 19 Desember 2011

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah “dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain, dengan tujuan untuk bertukar informasi (data, resource, aplikasi) dan terhubung melalui media (wire atau wireless) dan didukung dengan adanya aplikasi jaringan”. Dari definisi yang dipaparkan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam sebuah jaringan komputer harus ada dua komputer atau lebih yang terkoneksi untuk bertukar informasi baik itu berupa data, resource (disk space), maupun aplikasi, kemudian terhubung dengan media transmisi berupa kabel maupun non-kabel dan adanya software jaringan seperti Network OS.

Jaringan komputer diklasifikasikan dalam beberapa aspek antara lain jaringan komputer berdasarkan koneksi (keterhubungan), skala (ukuran), topologi, protocol, dan arsitektur. Berikut uraian singkat mengenai klasifikasi jaringan komputer.
Jaringan Komputer berdasarkan Koneksi :
  • Broadcast Links (multipoint), yaitu jaringan yang menggambarkan bahwa sebuah komputer terhubung secara broadcast atau terkoneksi ke seluruh host yang ada dalam jaringan tersebut.
  • Point to Point Links, yaitu jaringan yang menggambarkan bahwa sebuah host terkoneksi secara fisik dan logic pada salah satu host dalam jaringan.
Jaringan Komputer berdasarkan Skala :
  • LAN (Local Area Network)
  • MAN (Metropolitan Area Network)
  • WAN (Wide Area Network)
  • Internet (International Networking)
*) untuk melihat lebih lanjut mengenai skala jaringan, klik disini.

Jaringan Komputer berdasarkan Topologi :
  • Topologi Bus
  • Topologi Star
  • Topologi Ring
  • Topologi Mesh (gabungan dari topologi ring dan star, bahkan lebih spesifik)
  • Topologi Tree
*) untuk melihat lebih lanjut mengenai topologi jaringan, klik disini.

Jaringan Komputer berdasarkan Protokol  :
  • Jaringan Ethernet
  • Jaringan Token Ring, dll
Jaringan Komputer berdasarkan Arsitektur :
  • Peer to peer, yaitu jaringan komputer yang hanya terjadi pada 2 buah host dimana dalam jaringan ini kedua host terhubung untuk suatu tujuan yang sama dan kedua host dapat bertindak sebagai pelayan (server) maupun pelanggan (client).
  • Client to server, yaitu jaringan komputer dimana 2 buah komputer terhubung namun masing-masing memiliki tugas yang berbeda. Host pertama sebagai server dan host kedua sebagai client.
  • Hybrid, yaitu jaringan komputer yang tidak terpaku apakah jaringan tersebut merupakan jaringan peer to peer maupun client to server, karena dalam jaringan ini kedua fitur tersebut dapat diimplementasikan.
Tambahan istilah :
- Server adalah komputer yang melakukan pelayanan (service) pada komputer client.
- Client adalah komputer yang menjadi end user atau penerima layanan.
- Dedicated Server adalah komputer yang bertugas hanya melayani.
- Peer adalah komputer yang dapat melayani dan menerima layanan.

Dalam mempelajari mengenai jaringan komputer atau computer networking, ada 2 istilah yang perlu dipahami yaitu protocol dan standard. Kedua istilah tersebut sangat berkaitan dengan materi pembelajaran mengenai jaringan komputer dan memiliki definisi seperi berikut. Protocol adalah serangkaian aturan (set of rules), bahasa, dan prosedur yang digunakan sebagai bahasa yang memungkinkan terjadinya komunikasi yang efektif dalam sebuah jaringan komputer. Sedangkan standard adalah pendefinisian protocol yang telah dibakukan.

Dalam jaringan komputer, perlu adanya standar untuk dapat terjadi koneksi. Setiap vendor komputer tentu memiliki standarnya masing-masing dalam memproduksi barang. Jika jaringan komputer dibuat dengan spesifikasi device dari vendor-vendor yang berbeda, maka jaringan tersebut tidak akan terkoneksi karena standar yang digunakan saja sudah berbeda-beda. Untuk membentuk sebuah koneksi maka diperlukanlah sebuah standar yang sudah baku untuk diimplementasikan pada produk tiap vendor sehingga adanya keseragaman yang dapat menjadi aturan terbentuknya koneksi.

Siapa yang membuat standar? Standar-standar tersebut telah dirumuskan oleh beberapa organisasi yang bekerja pada bidang tersebut. Berikut adalah beberapa contoh instansi atau organisasi yang membuat standar dalam jaringan komputer :
  • American National Standards Institute (ANSI)
  • Institute of Electricals and Electronics Engineers (IEEE)
  • International Organization for Standardizations (ISO)
  • Internet Engineering Task Force (IETF)
  • World Wide Web Consorvation (W3C)
Situs dari masing-masing organisasi tersebut - www.[singkatan organisasi].org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar