Rabu, 28 September 2011

Enkapsulasi dan Dekapsulasi

Secara khusus ENKAPSULASI merupakan proses penambahan header dan trailer atau melakukan pemaketan data sehingga data tersebut beridentitas, tapi secara umum, enkapsulasi merupakan proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi data lainnya.Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protokol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protokol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data ke format data yang dipahami oleh protokol tersebut. Dalam OSI Reference Model, proses enkapsulasi yang terjadi pada lapisan terendah umumnya disebut sebagai "framing".
Lapisan Data-link pada OSI Layer merupakan lapisan yang bertanggung jawab melakukan enkapsulasi atau framing data sebelum di transmisikan oleh media transmisi (radio, cahaya, atau kebel). Dalam teknologi jaringan LAN (Local Area Network), hal ini dilakukan oleh "Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection (CSMA/CD)" pada jaringan ethernet, atau oleh "Token-Passing" pada jaringan Token Ring, dan lain-lain.

Sedangkan DEKAPSULASI adalah proses pemisahan header terluar pada paket yang diterima, sehingga datagram yang ditumpangkan pada header tersebut dapat diakses oleh tujuan utama dalam sebuah proses transmisi data. Kesimpulannya dekapsulasi merupakan kebalikan dari enkapsulasi.

Referensi :
- Wikipedia
- farisnya.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar