Senin, 30 April 2012

Implementasi Personal Firewall (Packet Filtering)

Pada posting kali ini saya akan menyampaikan mengenai contoh sederhana penerapan personal firewall pada sistem operasi Linux Ubuntu Server dengan menggunakan utility IPTABLES.
Dalam hal ini saya akan membuat skenario antara 2 PC yang saling terkoneksi dan pada salah satu PC dibuat sebuah sistem keamanan berupa pengamanan dari koneksi ICMP (salah satu contohnya adalah penggunaan perintah ping). Perhatikan topologi berikut :


Dalam hal ini saya membuat sebuah skenario sederhana yaitu PC 2 tidak dapat melakukan koneksi ICMP ke PC 1. Untuk menjalankan skenario tersebut lakukan
langkah-langkah berikut :
  1. Siapkan topologi dengan menggunakan 2 buah PC Virtual menggunakan sistem operasi Ubuntu Server (dalam hal ini saya menggunakan versi 10.04).
  2. Lakukan pengaturan addressing (pengalamatan). Dalam hal ini saya membuat spesifikasi IP address seperti berikut :
    1. PC 1 : 172.16.0.10/16
    2. PC 2 : 172.16.0.20/16
  3. Cara konfigurasi IP address pada Ubuntu dapat anda dapatkan pada materi mengenai Konfigurasi IP Address pada Ubuntu
  4. Setelah topologi disiapkan, lakukan uji koneksi pada kedua PC tersebut dengan menggunakan perintah ping [ip address tujuan].
  5. Setelah keduanya terkoneksi, buat tabel IP Filter yang menggambarkan bagaimana skenario Packet Filtering dibuat. Berikut tabel IP Filter-nya :

No. CHAIN SOURCE DESTINATION ACTION
Address Port Protocol Address Port Protocol
1. INPUT 172.16.0.20 - - Localhost - ICMP DROP
2. INPUT any any any any any any ACCEPT

  1. Setelah itu lakukan konfigurasi Firewall. Pada PC 1, inputkan perintah untuk memblok koneksi ICMP dari PC 2. Gunakan perintah berikut :

  2. Setelah kedua perintah di atas diinputkan, maka langkah selanjutnya adalah mengecek list IPTables dengan menggunakan perintah iptables -L. Berikut hasilnya :


  3. Setelah konfigurasi Packet Filtering selesai, maka lakukan pengujian. Lakukan uji koneksi dari PC 2 ke PC 1 yang seharusnya tidak dapat terkoneksi karena adanya blocking dari PC 1. Berikut hasilnya :

Dari gambar di atas dapat terlihat bahwa PC 2 tidak dapat melakukan uji koneksi ke PC 1. Hal itu dikarenakan PC 1 telah memblokir akses ICMP yang akan masuk (INPUT). Demikian contoh sederhana dari penerapan Packet Filtering untuk personal firewall.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar