Selasa, 30 November 2010

Membuat Boot Master Windows Vista / Windows 7 pada Flashdisk Bag. 2

Pada postingan sebelumnya saya telah membahas mengenai cara membuat boot master windows Vista dan 7 (Seven). Pada kesempatan ini saya juga akan membahas tentang hal itu. Lalu, apa perbedaanya? Perbedaannya adalah langkah-langkah yang saya paparkan pada postingan sebelumnya hanya bisa dilakukan pada sistem operasi Windows Vista dan 7 (Seven) saja karenak versi program DISKPART yang ada di Windows Vista / 7 lebih baru dan mampu mendeteksi serta mengelola flashdisk, sedangkan program DISKPART yang ada pada Windows XP tidak bisa. Sedangkan pada postingan kali ini saya akan memaparkan langkah-langkah membuat media instalasi Windows Vista dan/atau 7 (Seven) yang pembuatannya menggunakan PC dengan sistem Windows XP dan menggunakan utility tambahan MBRWiz.
Saya akan memaparkan sedikit mengenai keunggulan media instalasi Windows melalui flashdisk dibandingkan melalui CD/DVD. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, yaitu dari segi efisiensi, kecepatan, dan kepraktisan, flashdisk jauh lebih unggul daripada CD/DVD.

Daftar kebutuhan yang diperlukan dalam membuat media instalasi Windows Vista / 7 (Seven) adalah sebagai berikut :
  • Flashdisk yang berukuran > 4GB
  • Source Windows Vista dan/atau 7 (Seven)
  • Utility MBRWiz (download disini)
  • Utilty HP USB Disk Storage Format Tool untuk memformat UFD (download disini)
Dan berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk
menjadikan flashdisk sebagai media instalasi Windows Vista / 7 (Seven) :
  1. Pertama, format terlebih dahulu flashdisk dengan menggunakan Utilty HP USB Disk Storage Format Tool (jika punya). Saya tidak akan menjelaskan langkah penggunaan utility tersebut, yang perlu diperhatikan adalah format flashdisk dengan filesystem NTFS.
  2. Namun untuk efisiensi, dalam hal ini saya hanya menggunakan command prompt windows untuk memformat flashdisk.
  3. Buka command prompt, ketikkan perintah berikut :
    • 'format J: /q'
    • 'convert J: /fs:NTFS'
  1. Buatlah partisi pada flashdisk menjadi aktif. Untuk menjadikan partisi flashdisk tersebut menjadi aktif, gunakan utility MBRWiz pada command line.
  2. Buka command prompt, kemudian akses direktori yang menyimpan file Mbrwiz.exe via command prompt dengan mengetikkan perintah :CD D:\MBRWiz\ lalu Enter.
    Contoh perintah di atas, file Mbrwiz.exe berada pada drive C:\ di folder MBRWiz. Letak dari file tersebut tergantung dari komputer yang digunakan dan kehendak user yang menggunakan komputer tersebut. 
  3. Setelah command prompt masuk ke dalam direktori dari utility tersebut, jalankan perintah berikut :
    mbrwiz /list lalu Enter.
    Fungsinya adalah untuk melihat daftar disk dan USB storage device yang ada pada komputer.
  4. Lihat dan catat nomer disk yang diberikan terhadap flashdisk yang digunakan.

  1. Dari gambar di atas sudah ditampilkan bahwa flashdisk (4 GB) yang kita gunakan memperoleh nomer disk 2.
  2. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan flashdisk tersebut. Untuk melakukan hal tersebut, gunakan perintah berikut :
    mbrwiz /disk=2 /active=1 lalu Enter.

  1. Lalu periksa apakah perintah tersebut sukses dieksekusi atau tidak (periksa apakah flashdisk sudah aktif atau belum). Gunakan kembali perintah mbrwiz /list dan pastikan disk sudah aktif.
  2. Masukkan CD/DVD instalasi Windows Vista / 7 (Seven) ke dalam Optical Drive (CD/DVD-ROM) lalu copy (salin) semua file instalasi Windows dari DVD ke flashdisk.
  3. Langkah selanjutnya adalah menjadikan flashdisk sebagai bootable. Caranya adalah dengan menggunakan command prompt.
  4. Buka command prompt kemudian kemudian inputkan perintah berikut :X:\boot\bootsect.exe /nt60 J: lalu Enter.
    Dalam hal ini, drive X:\ dianggap sebagai drive letter CD/DVD-ROM tempat DVD Master Windows dijalankan, dan J:\ sebagai drive letter flashdisk yang digunakan. Drive letter keduanya tergantung dari komputer yang digunakan.
Setelah semua tahapan di atas selesai dilakukan, maka proses pembuatan Boot Master Windows Vista dan/atau 7 (Seven) melalui komputer dengan sistem Windows XP telah selesai. Sekarang flashdisk telah siap digunakan untuk menjadi media penginstalan Windows Vista / 7 (Seven).

Sumber :
http://blog.unand.ac.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar