Senin, 29 November 2010

Membuat Boot Master XP Windows pada Flashdisk

Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga Operating System keluarga pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antamuka penggunak berbasis grafik (Graphical User Interface).

Operating System Windows telah berevolusi dari MS-DOS (OS berbasis text dan command line) menjadi sebuah Operating System berbasis GUI.

Untuk menginstalasi windows pada laptop mungkin bukanlah suatu hal yang merepotkan, namun untuk menginstalasi pada netbook yang tidak memiliki perangkat optik (optical drive) adalah sesuatu yang sulit karena media instalasi Windows berbentuk kepingan CD/DVD.

Untuk itu mari kita pelajari cara untuk membuat Boot Master Windows pada Flashdisk sehingga permasalahan di atas dapat diselesaikan. Tujuannya adalah untuk membuat media instalasi Windows bagi netbook maupun komputer yang tidak memiliki optical drive.

————————————————————————————————————

MEMBUAT BOOT MASTER WINDOWS XP
Alat dan bahan yang diperlukan antara lain :
  • USB flashdisk minimal 1 GB
  • CD original Windows XP
Langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut :
  • Download dan install WinSetupFromUSB.
  • Buat folder khusus tempat menyimpan file-file instalasi Windows. Misal = D:\WinXP
    Selanjutnya, copy-kan semua isi CD Installer Windows XP ke folder tersebut. 
  • Jalankan program WinSetupFromUSB. Jangan lupa pasangkan terlebih dahulu flashdisk ke slot USB sehingga akan tampak tampilan "USB Disk Selection" pada software WinSetupFromUSB.
  • Pilih "folder source" kemudian klik tombol "Browse" di baris Windows 2000/XP/2003. Temukan folder master Windows XP yang sebelumnya telah dibuat (D:\WinXPHome).

  • Format terlebih dahulu flashdisk sebelum digunakan.
    Catatan :
    Flashdisk 2 GB diformat dalam bentuk FAT16
    Flashdisk 4 GB diformat dalam bentuk FAT32
    Gunakan program pemformat flashdisk yang sudah terintegrasi dan tersedia pada software WinSetupFromUSB (program RMPrepUSB)
  • Di halaman utama RMPrepUSB akan ditemukan flashdisk di bawah kolom Drive. Selanjutnya pilih FAT16 - Boot as HDD - dan XP Bootable (NTLDR).
    Catatan : Pastikan anda tidak memilih checkbox "Choose Folder" di bagian bawah.
  • Klik "Prepare Drive" untuk memulai format. Saat muncul konfirmasi dari RMPrepUSB, klik OK. Flashdisk anda akan segera di format. Jika muncul keterangan success, klik OK dan Exit.
  • Copy semua file dalam folder master Windows XP. Untuk memulai langkan ini, klik Go dalam jendela utama WinSetupFromUSB. Tunggu beberapa saat hingga proses penyalinan dokumen selesai.

  • Jika muncul Lisence Agreement, silahkan baca dan klik Agree.
    Kemudian akan muncul jendela konfirmasi terakhir (jendela "This is important!"), klik OK dan tutup program WinSetupFromUSB.
Referensi :
http://blog.unand.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar