Kamis, 12 Januari 2012

Tipe Data pada PHP

Dalam PHP, ada 8 jenis data yang didukung, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • 4 nilai skalar (singel value), yang terdiri dari integer, floating-point, string, boolean.
  • 2 nilai koleksi, meliputi array dan objek.
  • 2 tipe khusus, yaitu resource dan null.
INTEGER
Yaitu tipe data yang merepresentasikan bilangan utuh atau bulat. Dalam istilah matematika, bilangan yang dimaksud disini bukan bilangan desimal atau pecahan. Range (rentang) yang diperbolehkan adalah dari -2.147.483.648 sampai dengan +2.147.483.647 dalam sebuah komputer dengan arsitektur 32-bit (atau sama dengan lebar yang dimiliki oleh long data dalam bahasa C). Nilai literal dari tipe integer dapat ditulis dalam bentuk desimal (basis 10), oktal (basis 8), dan heksadesimal (basis 16).

Perlu dicatat! Saya telah menyebutkan bahwa integer adalah adalah bilangan bulat, bukan bilangan desimal. Namun ini adalah pengertian dalam istilah matematika dimana bilangan desimal adalah bilangan dengan koma maupun pecahan (seperti 3,078 atau 5/42). Namun, bilangan desimal dalam bahasa pemrograman diperbolehkan disini. Jadi harus anda bedakan antara bilangan desimal dalam istilah matematika dan dalam bahasa pemrograman! Bilangan desimal merupakan bilangan berbasis 10 yang artinya dapat menggunakan bilangan dari 0 sampai 9. Bilangan ini adalah bilangan yang sering kita gunakan sehari-hari. Dalam penulisan integer anda dapat menuliskannya tanpa menulis angka 0 di depan, dan dapat dimulai dengan tanda plus (+) dan minus (-) sebagai penanda bahwa bilangan tersebut merupakan
bilangan positif atau negatif. Contoh integer dalam notasi desimal :


Bilangan oktal adalah bilangan yang berbasis pada 8 angka dasar pertama yaitu bilangan 0 sampai 7. Dalam penulisan bilangan oktal didahului dengan angka nol (0). Bilangan oktal ini berfungsi dalam beberapa konteks, seperti penulisan perijinan sebuah data (file permission). Bagi anda yang telah mengenal sistem UNIX, pasti tahu untuk merubah perijinan dari pemilik menjadi terbuka bagi user, file permission file tersebut harus di ubah menjadi 0777. Contoh integer dalam notasi oktal :



Bilangan heksadesimal adalah bilangan berbasis 16. Dalam penulisan heksadesimal didahului dengan angka 0x yang diikuti oleh angka 0 - 9 atau huruf A - F. Penulisan dalam huruf kapital maupun huruf kecil tidak menjadi masalah. Contoh integer dalam notasi heksadesimal :



FLOATING-POINT
Berbeda dengan integer, tipe data floating-point adalah data yang merepresentasikan nilai-nilai numerik dalam bentuk pecahan maupun bulangan desimal dalam istilah matematika (dengan koma). Floating-point dalam PHP selaras dengan tipe double pada bahasa C. Range (rentang) pada floating-point adalah dari 1.7E-308 sampai 1.7E+308 dengan 15 digit akurasi. Floating-point dapat ditulis dalam notasi normal dan notasi sains (scientifics). Contoh floating-point :


Floating-point sering berupa representasi "kira-kira" dari suatu bilangan. Misalnya, 7.0 secara aktual direpresentasikan dengan nilai 6.999999999.

STRING
Sebuah web aplikasi umumnya menerapkan teks lebih banyak daripada perhitungan matematika. String merupakan bagian rangkaian karakter yang dapat berisi berbagai macam tipe data karakter, angka, kalimat, gabungan angka dan kalimat, termasuk binary. PHP mendukung dua tipe string yaitu yang diapit oleh petik tunggal (' ... '), petik ganda (" ... "), dan heredoc syntax, yang harus diingat adalah quote pembuka harus sama dengan quote penutup. Dalam pembuatan web, string sering kali dijumpai dalam berbagai kasus.

Dalam petik ganda dan petik tunggal, apabila anda akan menuliskan petik lagi di dalamnya maka anda harus menggunakan tanda backslash (garis miring; tanda \). Contoh :



String yang diapit oleh petik ganda juga dapat mendukung escape sequence, yaitu bebepara karakter yang dianggap sebagai satu karakter dan digunakan untuk merepresentasikan kedudukan karakter tertentu.


ESCAPE SEQUENCE KARAKTER YANG DIREPRESENTASIKAN
\” Double quotes
\n Newline
\r Carriage Return
\t Tab
\\ Blackslash
\$ Dollar sign
\{ Left break
\} Right break
\[ Left bracket
\] Right bracket
\0 sampai \777 Karakter ASCII dalam octal
\x0 sampai \xFF Karakter ASCII dalam heksadesimal


Cara lain untuk mengenali sebuah string adalah dengan menggunakan heredoc syntax (“<<<”). Untuk penulisan dalam code, anda harus meletakkan sesuatu tanda yang memberi tahu itu merupakan sebuah heredoc syntax setelah tanda <<< kemudian tuliskan string anda. Tuliskan kembali tanda tersebut di akhir string yang menunjukkan anda menutup string. Yang harus diperhatikan dalam heredoc syntax ini adalah saat anda akan menutup string pastikan tanda penutup itu berada dalam garis baru dan ditutup dengan titik koma ( ; ) serta tidak ada tanda lain selain titik koma seperti spasi dan tab.

BOOLEAN
Tipe boolean digunakan untuk merepresentasikan nilai kebenaran (truth value). Nilai yang mungkin dimasukkan ke dalam variabel boolean adalah true dan false. Tipe ini biasanya dijumpai pada pendefinisian kondisi, baik dalam struktur pemilihan maupun pengulangan. Dalam PHP, berikut ini adalah nilai-nilai false :
  • Keyword false
  • Integer 0
  • Floating-point 0.0
  • String kosong atau empty string ("") dan string "0"
  • Array dengan nol elemen 
  • Objek yang tidak memiliki nilai atau fungsi
  • Nilai NULL
ARRAY
Yaitu variabel yang menyimpan sekelompok nilai yang dapat diidentifikasi berdasarkan posisinya (nomer, dengan 0 sebagai indeks pertamanya). atau dengan nama (bertipe string) yang telah didefinisikan sebelumnya. Terdapat beberapa cara untuk mengakses nilai array melalui blok pengulangan, namun yang paling lazim adalah dengan menggunakan struktur pengulangan foreach.

OBJEK
PHP mendukung Object-Oriented Programming (OOP), yang dapat memudahkan dalam proses debugging, maintance, dan penggunaan ulang kode (reuseable code). Dalam OOP, kelas merupakan unit terpenting. Kelas adalah suatu definisi dari struktur yang memiliki properti dan metode (fungsi). Dalam PHP, kelas didefinisikan menggunakan kata kunci class. Sekali kelas didefinisikan, anda dapat membentuk objek dengan menggunakan kata kunci new. Properti dan metode dapat diakses melalui operator ->. Anda dapat memeriksa suatu nilai atau variabel apakah berbentuk objek atau bukan dengan menggunakan fungsi is_object().

NULL
Pengertian Null adalah tipe data yang tidak mempunyai nilai. Tipe data ini berkaitan dengan nilai false pada tipe data Boolean.

RESOURCE
Pengertian tipe data resource adalah tipe data baru yang diperkenalkan mulai PHP 4.0. Tipe ini termasuk tipe yang spesial, karena data ini hanya dapat dibuat dengan beberapa fungsi spesial.

Referensi :

3 komentar: