Selasa, 17 September 2013

Power Supply PC

Power Supply Unit (B. Indonesia = unit catu daya) atau yang sering disingkat PSU adalah serangkaian alat elektronik yang menyediakan arus listrik untuk komponen-komponen lainnya (dalam hal ini komponen-komponen komputer) dan mengubah arus bolak-balik (Alternative Current / AC) menjadi arus searah (Direct Current / DC).

Gambar 1. Contoh Power Supply pada PC
Berdasarkan definisi yang sudah dipaparkan tersebut kita dapat mengetahui bahwa power supply memiliki beberapa fungsi yaitu :
  • Rectification, yaitu fungsi power supply sebagai pengkonversi arus bolak-balik / AC menjadi arus searah / DC
  • Voltage Transformation, yaitu kemampuan power supply untuk memberikan arus DC dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan tiap komponen pada PC
  • Filtering, power supply melakukan penyaringan untuk memberikan arus yang bersih pada tiap komponen PC
  • Regulation, mengendalikan tegangan agar tetap terjaga
  • Isolation, memisahkan output yang dihasilkan secara elektrik untuk didistribusikan pada tiap komponen PC
  • Protection, menjaga komponen dari bahaya lonjakan tegangan yang disebabkan arus listrik dari sumbernya tidak stabil
Pada sebuah power supply standar terdapat beberapa komponen utama yang wajib dimiliki oleh power supply. Berikut adalah komponen-komponen pada power supply :
  1. Heatsink, sebuah kipas yang berfungsi untuk mendinginkan power supply
  2. Transformator, komponen elektronik yang berfungsi untuk mengubah tegangan
  3. Kapasitor, berfungsi untuk menyimpan arus yang siap untuk didistribusikan
Saat ini ada 2 (dua) jenis power supply yang dapat digunakan untuk PC yang memiliki definisi seperti berikut :
  1. AT Power Supply
    Power supply jenis ini digunakan untuk komputer Pentium 2 ke bawah dengan ciri-ciri memiliki 2 (dua) kabel konektor ke motherboard yang terpisah (P8 dan P9)
  2. ATX Power Supply
    Power supply ini adalah jenis terbaru yang sering digunakan saat ini. Perbedaan power supply ATX (Advanced Technology Extended) dengan pendahulunya terletak pada tombol power-nya. Tombol power pada PSU ATX merupakan tombol pengirim sinyal ke motherboard seperti halnya tombol pada keyboard. Sedangkan tombol power pada PSU AT hanya switcher biasa
Pada power supply terdapat banyak konektor yang masing-masing konektor berfungsi untuk mendistribusikan arus ke setiap komponen PC. Tiap konektor memiliki bentuk dan spesifikasi yang berbeda. Berikut adalah konektor-konektor yang ada pada power supply :
  • ATX Power Connector
    Konektor ini berfungsi untuk mendistribusikan arus listrik untuk motherboard. Pada konektor ATX terdapat 20 pin + 4 pin kabel sehingga totalnya ada 24 kabel yang mengirimkan arus listrik ke motherboard jenis terbaru.
    Gambar 2. ATX Connector
  • AT Power Connector
    Berbeda dengan konektor ATX yang memiliki 24 pin kabel, pada konektor AT hanya ada 12 pin kabel yang terbagi 2 (dua) menjadi pin P8 dan pin P9.
  • Molex Connector
    Digunakan untuk mengirimkan arus listrik untuk perangkat seperti harddisk dan CD drive (CD / DVD Room). Pada konektor ini terdapat 4 (empat) pin dengan 3 (tiga) warna kabel yaitu merah, hitam dan kuning.
    Gambar 3. Molex Connector
  • Berg Connector
    Merupakan versi mini dari konektor molex. Konektor ini digunakan untuk memberikan arus listrik untuk floppy drive dan external audio card. Warna kabelnya sama dengan konektor molex, yaitu kuning (12 volt), merah (+5 volt), dan hitam sebagai kabel ground.

    Gambar 4. Berg Connector
  • PCI-E Connector
    Konektor dengan 6-pin kabel yang digunakan untuk bidang multimedia (khususnya video) saja karena hanya digunakan untuk menambah daya video card dengan slot PCI-Express.

    Gambar 5. PCI-E Connector
  • SATA Power Connector
    Digunakan untuk mengirimkan arus listrik ke komponen seperti harddisk dan CD drive jenis SATA atau Serial-ATA. Biasanya berupa perpanjangan dari molex connector.

    Gambar 6. SATA Connector
  • ATX 12 Volt (Intel)
    Kebanyakan digunakan untuk pengguna processor IntelTM yang menyediakan daya tambahan bagi processor sebesar 12 volt.
Penggunaan daya pada setiap komponen PC tentunya berbeda-beda mengingat sebuah PC bisa saja dibangun oleh komponen-komponen yang berbeda vendor. Tetapi secara umum penggunaan daya pada komponen-komponen PC adalah sebagai berikut :
  1. VGA Card (pada slot AGP / Accelerated Graphics Port) sebesar 20-30 watt
  2. Pheripheral Component Interconnect / PCI card sebesar 5 watt
  3. Network Interface Card / NIC sebesar 4 watt
  4. Motherboard (tanpa CPU dan RAM) sebesar 20-30 watt
  5. Random Access Memory / RAM sebesar 10 watt per 128 MB
  6. 50X CD-ROM Drive sebesar 10-25 watt
  7. 7200 RPM IDE harddisk drive sebesar 5-15 watt

7 komentar:

  1. postingan nya ajur :(

    BalasHapus
  2. Gan....Arus pada masing masing berapa Ampere??

    BalasHapus
  3. Hello There. I found your blog using msn. This is an extremely well written article. I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful information. Thanks for the post. I’ll certainly comeback. w2j1h

    BalasHapus
  4. I can set up my new idea from this post. It gives in depth information. Thanks for this valuable information for all,..Lenovo Power Supply

    BalasHapus
  5. Do you realize there's a 12 word sentence you can say to your crush... that will induce deep feelings of love and instinctual appeal for you buried within his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, admire and look after you with his entire heart...

    ====> 12 Words Who Fuel A Man's Love Instinct

    This instinct is so built-in to a man's mind that it will make him try harder than before to take care of you.

    Matter of fact, fueling this powerful instinct is so essential to having the best ever relationship with your man that once you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll immediately notice him open his soul and mind to you in such a way he haven't expressed before and he will see you as the one and only woman in the universe who has ever truly fascinated him.

    BalasHapus