Rabu, 02 Oktober 2013

Cek & Repair HDD dengan Hiren's BootCD 10.4

Setelah sebelumnya saya membahas mengenai bad sector pada harddisk, kali ini saya akan membahas mengenai cara mengecek dan juga repair harddisk menggunakan Hiren's BootCD 10.4 dengan sub-aplikasi yang bernama HDD Regenerator.

Sebelumnya saya akan memberikan sedikit gambaran mengenai Hiren's BootCD. Hiren’s BootCD adalah utilitas boot disk yang akan membantu dalam menyelesaikan dan memformat ulang komputer dengan mudah. Jenis perangkat lunak ini menyediakan kompilasi-kompilasi program untuk membantu menyelesaikan sebagian dan beberapa masalah komputer seperti kegagalan driver, koneksi internet intermiten dan malfungsi komputer lainnya.

Berikut adalah beberapa menu yang tersedia dalam sebuah Hiren's BootCD yang dikelompokkan berdasarkan permasalahan dan device yang akan ditangani :
  • Partition Tools
    Digunakan untuk pembuatan partisi HDD, mengelola dan mengontrol penggunaan drive yang sudah terpartisi, mengubah ukuran partisi dan juga menghapus partisi yang sudah terbentuk.
  • Back-up & Recovery Tools
    Digunakan untuk melakukan penyimpanan data sebelum diubah atau diakses sehingga jika terjadi kesalahan pada pengaksesan atau pengubahan data maka file back-up dapat digunakan dengan cara di-restore sehingga data tersebut kembali ke posisi awal. Fungsi utamanya adalah mengembalikan dan memulihkan file yang rusak.
  • Password & Registry Tools
    Tools ini biasa digunakan untuk password cracking atau me-reset password dari sebuah sistem operasi maupun BIOS.
  • Recovery Tools
  • Testing Tools
    Digunakan untuk menjaga stabilitas komputer dengan memeriksa masalah-masalah yang ada pada hardware komputer. Jika pada kenyataannya tidak ada masalah yang terjadi, maka testing tools digunakan untuk menguji komputer dari setiap kemungkinan kesalahan.
  • Harddisk Tools
    Harddisk harus dirawat dan dibersihkan secara berkala agar tetap berfungsi optimal. Di dalam Hiren’s BootCD berisi program-program unggulan untuk perawatan harddisk dan bisa juga digunakan untuk memperbaiki sebagian kerusakan harddisk, salah-satunya memperbaiki bad sector harddisk.
  • System Info Tools
  • File Manager
  • dll

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan pengecekan harddisk menggunakan Hiren's BootCD antara lain sebagai berikut :
  • Keping CD Hiren's atau multiboot Hiren's yang terintegrasi dalam sebuah USB flashdisk. ISO image dari Hiren's Boot dapat diunduh pada link resmi Hiren's BootCD
  • PC dengan komponen lengkap, khususnya CD-Room
Setelah semua alat dan bahan tersedia, nyalakan PC dan pastikan semua hardware-nya dapat berjalan dengan baik. Setelah itu lakukan langkah-langkah berikut :
  1. Saat komputer sedang booting, masuk ke BIOS untuk setting First Boot Device untuk memilih device apa yang akan digunakan untuk boot pertama kali. Dalam hal ini kita pilih CD-Room sebagai First Boot Device.
  2. Setelah itu masukkan CD Hiren's Boot pada CD-Room dan reboot PC tersebut. Jika pengaturan benar maka layar monitor akan menampilkan tampilan berikut :

    Gambar 1. Hiren's Boot Menu
  3. Pilih menu Dos BootCD lalu akan muncul sub-menu yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan. Dalam hal ini kita memilih menu harddisk tools. Berikut adalah tampilan menu yang dapat dipilih :

    Gambar 2. Menu Hiren's Boot
  4. Setelah itu tekan tombol Enter pada keyboard maka akan muncul sub-menu dari harddisk tools. Dalam hal ini, pilih sub-menu HDD Regenerator 1.71. Berikut adalah tampilan sub-menu yang dapat dipilih :
    Gambar 3. Sub-menu Harddisk Tools
  5. Setelah itu akan muncul beberapa konfirmasi untuk memilih mouse driver, driver dan juga keyboard layout. Untuk mouse driver pilih Standard - pada bagian driver pilih Auto - lalu untuk keyboard layout pilih US / United States. Berikut adalah tampilannya :

    Gambar 4. Pemilihan Mouse Driver
    Gambar 4. Pemilihan Drivers
    Gambar 4. Pemilihan Keyboard Layout
  6. Setelah itu akan muncul konfirmasi akhir berupa pertanyaan apakah kita akan menjalankan HDD Regenerator atau membatalkannya. Berikut adalah tampilannya :

    Gambar 5. Konfirmasi Akhir
  7. Lalu monitor akan menampilkan list harddisk yang ada sehingga user dapat memilih harddisk mana yang akan di cek dan repair. Berikut adalah contohnya :

    Gambar 6. Tampilan Pemilihan Harddisk
  8. Karena hanya ada satu HDD maka user tidak dapat melakukan pemilihan harddisk. Tekan tombol apapun untuk lanjut ke pengaturan lanjutan. Setelah itu akan muncul tampilan untuk memilih aksi selanjutnya yang akan dijalankan seperti tampilan berikut :

    Gambar 7. Pemilihan Aksi
    Pilih 1 untuk scan dan repair - pilih 2 untuk scan tetapi tidak melakukan repair - pilih 3 untuk regenerate sector. Dalam hal ini saya memilih 1 untuk scan dan repair.
  9. Setelah itu akan muncul tampilan pemilihan sector pertama yang akan di-scan. Dalam hal ini lebih baik kita mulai dari sector dengan notasi 0 (nol) sehingga proses scan dilakukan dari sector awal sampai sector akhir atau menyeluruh. Berikut adalah tampilannya :

    Gambar 8. Pemilihan Sector
  10. Tekan tombol Enter pada keyboard untuk memulai proses scan dan repair. Berikut adalah tampilan proses scanning dan repairing. Berikut adalah tampilan prosesnya :

    Gambar 9. Proses Scan & Repair
    Pada tampilan Gambar 9 kita dapat mengetahui informasi waktu yang diperlukan untuk scanning, seberapa jauh proses scanning telah berjalan, jumlah bad sector yang ditemukan, dan jumlah sector rusak yang di-recovery.
  11. Setelah proses scanning dan repairing selesai maka monitor akan memunculkan data hasil scanning dan repairing seperti berikut :

    Gambar 10. Hasil Scanning & Repairing
    Dari tampilan Gambar 10 kita dapat memilih menu yang ada diantaranya adalah melihat list sector yang telah di-scan, daftar bad sector, daftar recovered sector dan menu lainnya.
  12. Setelah itu reboot komputer tersebut dan lakukan aksi lanjutan pada HDD tersebut.
Seperti yang telah dibahas pada postingan sebelumnya tentang bad sector saya menjelaskan bahwa bad sector adalah kerusakan fisik yang tidak dapat diperbaiki oleh software namun hanya dapat diisolasi sehingga sistem dapat menghindari penggunaan sector tersebut. Jadi setelah proses scanning maka HDD dapat digunakan kembali karena sector yang rusak sudah terisolasi.

49 komentar:

  1. gan kalo pas ditengah install win 7 terjadi error code 0x8007045D, apa itu berarti hdd bad sector? ane udah check disk tapi masih blm berhasil jjuga install win 7, malah black screen pas restart pertama, mohon bantuannya gan (:

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo baca2 dari beberapa forum, eror dengan kode segitu sih muncul karena ada masalah dari installer-nya :)

      Hapus
  2. suwun yo kang infone

    BalasHapus
  3. kang kalo pake hiren boot cd 15.2 dmn yah nyari program hdd regenerator nya?? thx///

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tetep ada di "hard disk tools". kalo udah masuk ke menu hard disk tools coba pilih menu more aja siapa tau ketemu

      nb : setau saya di versi2 terbaru hirent boot emang ada beberapa aplikasi yang cuma 'diganti' atau malah 'dihapus'

      Hapus
    2. tidak ada menu hdd regenerator mas sudah dicari di menu more...

      Hapus
    3. untuk versi 15 keatas sudah saya coba, ternyata memang diganti oleh MHDD

      Hapus
  4. Saya Coba buat Repair Hdd Internal, Begitu Hiren jalan, di cek Hdd malah Gak detek, saya cek di Bios Hdd Detek, pusing saya, bantuan nya Gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake CD hiren yang lain atau pake versi hiren yang lebih baru dari versi yang di pake sekarang

      Hapus
  5. Gan..ini bisa untuk merepair hardisk yang tidak kedetek di pc?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf Gan, untuk kasus hdd ga ke detek (menurut pengalaman) sih belum ada obatnya :D atau mungkin karena sayanya aja yang males ngulik hahaha

      tapi secara logika, buat nge-repair hdd pake hirent ya syarat utamanya hdd harus kedetek

      Hapus
  6. gan gimana cara memperbaiki / menghilangkan kode " D " hasil deteck HDD generator ?????

    BalasHapus
  7. upami kanggo nga repair micro SD tiasa teu., ?? makklum newbie., hehehhhh

    BalasHapus
  8. mas permisi, sewaktu install ulang windows tiba2 gagal, terus pas booting windows muncul error. terus coba reset / refresh windows mucncul tulisan hdd write protected. apakah bisa membuka hdd write protected dengan hiren boot ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah maaf sebelumnya mas Eko saya belum pernah coba, mungkin bisa cari referensi di google :) sekali lagi maaf :D

      Hapus
  9. setelah melakukan scan n repair, apa tahap selanjtnya untuk memperbaiki bad sektor nya . terims

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah di scan & repair, beberapa sector yang terdeteksi sebagai bad sector akan di "lock". jadi hdd sudah bisa digunakan lagi dan saat beroperasi hdd tersebut tidak akan menggunakan sector yang di "lock"

      Hapus
    2. biarpun setelah repair kita instal ulang windows ngak masalah gan ?? kan c harus di format....yg bad sectornya tetap di lock ngak ya ??? takutnya waktu instal ulang badnya unlock sama aja ~_~

      Hapus
  10. gan saya udah ketiga kalinya mengulang HDD regenerator,,tapi masih kedetek B dan R gan..
    apakah harus terus mengulang samapai ga ada B dan R atau memang itu ga bkalan hilang gan.??
    tolong di jawab gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong cek dulu gan apakah sector yang bad masih di sector yang sama atau ngga :)

      Hapus
  11. gan,saya pemula,,komputer bwt download jd eror,,pgn di indtal..hrus pke ap?back up apa yg mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. instal apa maksudnya? operating system? atau antivirus? itu tergantung dari user, sukanya pakai apa

      kalo untuk backup mungkin data penting di drive C: aja yang perlu di backup

      Hapus
  12. Balasan
    1. sekarang udah banyak utility yang lebih baru dari hiren, monggo di explore :D

      Hapus
  13. ilang gak datanya kak? blm di backup hdd udah error duluan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejauh ini saya belum mengalami kasus data ilang setelah di repair, yg ada hdd lemah setelah di repair sampe ga ke detect total

      Hapus
  14. Gan kalo memperbaiki hdd yang kedetec d bios tapi tidak kedetec (tidak tampil) pas install windows, itu bisa di perbaiki ga ama hiren?

    BalasHapus
  15. Gan..ktk mo instal win 7 keluar "windows cannot be installer to this disk may faol soon,... instal to another location"... ktk dplih partisi lain juga gak bisa dan keluar printah yg sama...

    Tolong bantuiin gan...
    Sblumnya trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah klasik :)
      1. coba pake DVD installer lainnya, kalo masih gabisa
      2. coba ganti hdd
      dugaan awal ada masalah di harddisknya om

      Hapus
  16. Mau tanya saya install Hirens boot yg terbaru tapi, HDD regenerator dah gk ada (alternatif penggantinya kurang powerful)...tau cara masukin HDD regenerator ke versi terbaru gk? Soalnya versi terbaru ada beberapa tool yg berguna jga tpi masih butuh regenerator...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo itu kurang tau mas, belum pernah XD

      Hapus
  17. kalau hardisk eksternal kedetek tapi datanya ga muncul
    solusinya gimana ya gan ??

    BalasHapus
  18. gan,, makasih infinya,, ane izin copas ya gan

    BalasHapus
  19. gan mau tanya
    kalau HD bad sector/rusak bgmn cara narik datanya gan?
    klo di colok diawal HD kedeteck di BIOS beberapa saat kemudian dia hilang gan
    itu bgmn ya gan agar data bisa keambil

    BalasHapus
  20. Gan..nanya..kalo repair bad sector tapi data d hdd belum di backup, data nya hilang ato nggak ya gan pada waktu d repair ...

    BalasHapus