Rabu, 14 Maret 2012

Wireless Security (Access Point Linksys WRT54G2)

Setelah pada kesempatan sebelumnya saya membahas mengenai penerapan keamanan jaringan wireless menggunakan access point TP-Link TL-WA701N, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tutorial penggunaan sistem keamanan jaringan wireless dengan menggunakan access point dari Cisco yaitu Linksys WRT54G2.
Untuk kali ini saya hanya akan membahas mengenai cara penggunaan wireless security pada access point Linksys WRT54G2. Karena materi mengenai konfigurasi access point Linksys WRT54G2 sudah saya post, maka untuk kali ini diasumsikan bahwa konfigurasi jaringan wireless (seperti SSID, addressing, dan pengaturan lainnya) telah dibuat sebelumnya. Sistem keamanan jaringan wireless yang akan dibahas kali ini adalah WEP, WPA, dan MAC Filtering.

————————————————————————————————————

WEP (WIRED EQUIVALENT PRIVACY)

Penggunaan WEP pada access point Linksys WRT54G2 tidak terlalu rumit seperti pada access point TP-Link TL-WA701N. Untuk mengkonfigurasi wireless security WEP pada access point Linksys WRT54G2 dapat dilakukan dengan cara-cara berikut :
  1. Klik tab "Wireless" pada bagian atas web browser, setelah itu pilih sub-tab "Wireless Security".
  2. Kemudian akan muncul form untuk mengkonfigurasi sistem keamanan jaringan yang akan digunakan. Pada bagian "Security Mode", pilih WEP. Kemudian pada bagian "WEP Encryption" pilih sesuai kebutuhan anda, sesuaikan dengan jumlah karakter yang akan anda gunakan untuk key (password) keamanan. Dalam hal ini saya menggunakan 64 bits 10 hex digits.
  3. Pada bagian "Passphrase", inputkan key atau password yang anda inginkan, setelah itu klik tombol "Generate" untuk mengkonversi passphrase yang anda inputkan dalam bentuk hexadecimal.

  4. Setelah itu klik tombol "Save Settings" untuk menyimpan pengaturan. Setelah itu sistem keamanan jaringan access point siap digunakan.
————————————————————————————————————

WPA (WI-FI PROTECTED ACCESS)
Langkah-langkah penggunaan sistem keamanan jaringan WPA pada access point Linksys WRT54G2 adalah sebagai berikut :
  1. Klik tab "Wireless" pada bagian atas browser, lalu pilih "Wireless Security".
  2. Pada bagian "Security Mode" pilih WPA2 Personal. Kemudian pada bagian "WPA Algorithms" saya menggunakan TKIP+AES sebagai contoh (dapat disesuaikan dengan kondisi yang anda inginkan).
  3. Pada bagian "WPA Shared Key" inputkan password yang ingin anda gunakan untuk mengamankan sistem jaringan wireless anda. Sebagai contoh saya menggunakan password asdfasdf.

  4. Setelah itu klik tombol "Save Settings" lalu sistem keamanan wireless network pun selesai dibuat.
————————————————————————————————————

MAC FILTERING
Untuk membuat sistem filtrasi MAC address mana saja yang dapat mengakses jaringan dan mana saja yang tidak diperbolehkan mengakses, gunakan langkah-langkah berikut :
  1. Klik tab "Wireless" pada bagian atas browser, lalu pilih "Wireless MAC Filter". Setelah itu akan muncul form berupa radio button untuk melakukan pengaturan MAC Filtering.
  2. Pada bagian "Wireless MAC Filter" pilih Enable.
  3. Kemudian ada 2 opsi yang dapat anda pilih dengan keterangan sebagai berikut :
    1. Prevent, yaitu untuk mencegah akses wireless network kepada pemilik MAC address tertentu yang dimasukan dalam MAC Filter list.
    2. Permit only, yaitu untuk mengijinkan akses wireless network kepada pemilik MAC address tertentu yang ada pada list.

  4. Langkah selanjutnya adalah mengisi MAC Filter List dengan meng-klik tombol "Edit MAC Filter List". Setelah itu akan muncul window baru untuk menginputkan MAC address tertentu kedalam list.
  5. Dalam hal ini saya menggunakan 2 buah MAC address yang diinputkan dengan format menggunakan titik dua (:) seperti berikut :

  6. Setelah itu klik tombol "Save" pada bagian bawah window tersebut. Untuk pengecekan, klik tombol "Wireless Client MAC List" pada jendela / window yang sama. Setelah itu akan muncul daftar MAC address client yang diinputkan kedalam list seperti gambar berikut :

  7. Saat ada sebuah MAC address dalam list yang sedang terkoneksi dengan jaringan wireless tersebut, maka tampilan Wireless Client MAC List akan seperti berikut :

2 komentar:

  1. gmn carax nambah jumlah mac address gan...terimah kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. berhubung saya udah gapunya alatnya, jadi maaf saya gabisa jawab..
      memangnya jumlah yg disediakan sama linksysnya masih kurang?

      Hapus