Jumat, 03 Februari 2012

Konfigurasi Access Point Linksys WRT54G2 V1

Pada materi kali ini saya akan membahas mengenai cara mengkonfigurasi access point Linksys WRT54G2 V1 yang merupakan access point dari Cisco. Alat dan bahan yang diperlukan dalam mengkonfigurasi access point jenis ini adalah sebagai berikut :
  • Access point Linksys WRT54G2 v1
  • 1 unit laptop atau PC untuk mengkonfigurasi access point
  • Kabel UTP dengan konfigurasi straight (untuk penjelasan mengenai konfigurasi kabel UTP, klik disini)
Setelah semua alat dan bahan tersedia, maka selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut untuk mengkonfigurasi access point :
  1. Samakan network IP pada laptop dengan access point sehingga berada pada satu network. Secara default, IP dari access point jenis ini adalah 192.168.1.1. Untuk menyamakan network address dari access point dan laptop, ubah IP laptop menjadi 192.168.1.2.
  2. Setelah IP diubah, nyalakan access point. Jangan lupa periksa adaptor yang akan digunakan untuk menyalakan access point, apakah voltage-nya sesuai dengan kebutuhan daya access point atau tidak.
  3. Setelah access point dinyalakan, sambungkan laptop dengan access point menggunakan kabel UTP straight.
  4. Buka web browser pada laptop kemudian ketikkan IP 192.168.1.1 pada address bar kemudian tekan tombol Enter pada keyboard. Setelah itu akan muncul sebuah kotak dialog verifikasi username dan password. Ketikkan admin pada kolom username, lalu ketikkan admin pada kolom password. Berikut screenshotnya :


  5. Klik Log In. Setelah itu akan muncul sebuah halaman web dari Cicso seperti screenshot berikut :


  6. Klik tab Setup lalu pilih tab Basic Setup pada jendela bagian atas halaman web tersebut untuk melakukan pengaturan access point seperti pengaturan main IP access point dan juga pengaturan IP DHCP untuk device yang akan terkoneksi ke jaringan yang sedang dibuat. Tentukan range IP yang akan digunakan untuk client. Berikut contohnya :


    Pada bagian Starting IP Address saya mengisikan IP 192.168.1.10 dan pada bagian Maximum Number of DHCP Users saya mengisikan 20. Hal ini maksudnya adalah untuk mengatur IP yang akan diberikan pada client sehingga berada pada range 192.168.1.10 sampai 192.168.1.30 (20 client). Setelah semua konfigurasi selesai, klik Save Settings yang ada di bawah jendela web page tersebut.
  7. Setelah itu klik tab Wireless kemudian pilih sub-tab Basic Wireless Settings untuk melakukan pengaturan konfigurasi wireless, Wireless Channel (untuk informasi lebih lanjut mengenai wireless channel, klik disini), SSID (nama jaringan), dll. Berikut screenshot-nya :


  8. Pada bagian Wireless Configuration, klik radio button Manual. Lalu lakukan pengaturan lainnya. Setelah melakukan pengaturan wireless, klik tombol Save Settings pada jendela bagian bawah halaman web tersebut. Dalam hal ini saya melakukan pengaturan seperti berikut :


  9. Setelah itu akan muncul tampilan yang memberitahukan bahwa konfigurasi sukses seperti berikut

2 komentar: