Jumat, 03 Februari 2012

Konfigurasi Access Point SMC WEBGT

Setalah membahas mengenai cara mengkonfigurasi access point TP-Link bersaudara (TL-WA501G dan TL-WA701ND), maka kali ini saya akan membahas mengenai langkah-langkah mengkonfigurasi access point SMC WEBTG. Access point ini adalah access point yang cukup "jadul". Salah satu perbedaan dari access point ini dengan access point yang lain, yaitu tidak adanya fitur DHCP yang dapat digunakan dalam access point ini. Oleh karena itu jika sebuah device ingin mengkoneksikan diri ke sebuah jaringan wireless yang menggunakan access point ini harus mengatur IP address pribadi secara manual pada device yang bersangkutan.
Untuk mengkonfigurasikan access point ini, kita membutuhkan alat dan bahan sebagai berikut :
  • Sebuah access point SMC WEBTG.
  • Laptop atau PC untuk mengkonfigurasi AP.
  • Kabel UTP dengan konfigurasi straight (untuk penjelasan mengenai konfigurasi kabel UTP, klik disini).
Setelah semua alat dan bahan terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengkonfigurasian pada access point. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Seperti biasa, laptop yang digunakan untuk mengkonfigurasi AP harus memiliki IP yang se-network dengan IP access point. Secara default, IP pada access point SMC adalah 192.168.2.25, maka anda dapat menggunakan IP 192.168.2.24 atau IP lainnya yang se-network.
  2. Setelah IP laptop terubah, nyalakan access point. Saya ingatkan kembali untuk memastikan adaptor yang digunakan memiliki output voltage yang sesuai dengan kebutuhan daya access point-nya. Pasang adaptor ke access point, kemudian hubungkan ke sumber listrik.
  3. Setelah itu hubungkan access point dengan laptop menggunakan kabel UTP dengan konfigurasi straight.
  4. Buka web browser pada laptop, kemudian ketikkan IP 192.168.2.25 pada address bar sehingga akan muncul Login Screen seperti gambar berikut :


  5. Ketikkan smcadmin pada kolom password, kemudian klik Login.
  6. Setelah berhasil login, akan muncul sebuah halaman web untuk mengkonfigurasi access point. Pertama, klik Wireless mode pada jendela bagian kiri. Lalu lakukan beberapa pengeturan seperti pengaturan SSID (nama jaringan), Wireless Mode, Channel (untuk melihat informasi lebih lanjut mengenai wireless channel, klik disini), dan Extend Range (mengatur apakah IP diluar range yang ditentukan dapat mengakses access point). Contoh :


  7. Setelah itu akan muncul sebuah halaman web yang hendak mengkonfigurasi setting-an yang telah kita buat. Klik tombol Save Settings.


  8. Setelah semua konfigurasi disimpan, maka access point telah selesai dikonfigurasi. Untuk percobaan, koneksikan sebuah laptop atau PC yang terintegerasi wireless adapter ke dalam jaringan Tweety 7, dalam Windows 7, cara mengkoneksikannya adalah dengan meng-click icon wireless network pada pojok kanan bawah desktop lalu koneksikan pada Tweety 7.


  9. Setelah terkoneksi, buktikan bahwa jaringan tersebut tidak memberikan IP DHCP pada laptop atau PC yang terkoneksi dengannya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar