Rabu, 01 Februari 2012

Konfigurasi Access Point TP-Link WA-701ND

Pada postingan sebelumnya saya telah membahas mengenai langkah-langkah mengkonfigurasi access point TP-Link TL-WA501G. Dan pada postingan kali ini saya akan membahas langkah-langkah mengkonfigurasikan adik dari access point TP-Link TL-WA501G, yaitu access point TP-Link TL-WA701ND. Langkah-langkahnya tidak jauh berbeda, hanya saja tampilan interface pada web browser yang berbeda.
Alat dan bahan yang diperlukan dalam melakukan konfigurasi ini antara lain :
  • Access point TP-Link TL-WA701ND
  • 1 unit Laptop atau PC
  • Kabel UTP dengan konfigurasi straight (untuk penjelasan mengenai konfigurasi kabel UTP, klik disini)
Dan untuk memulai konfigurasi access point ini, lakukan langkah-langkah berikut secara sistematis :
  1. Sama seperti mengkonfigurasikan access point lainnya, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menyamakan address antara access point dengan sebuah laptop sehingga alamatnya berada pada satu network. Secara default, IP yang tertera pada label access point jenis ini adalah 192.168.1.1, maka anda dapat mengganti IP laptop anda dengan IP 192.168.1.xxx (x tidak boleh angka 1) dan netmask 255.255.255.0.
  2. Setelah itu, nyalakan access point. Perhatikan adaptor yang digunakan, apakah voltage-nya sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada label access point atau tidak. Jika tidak, maka sebaiknya jangan menyalakan access point tersebut dengan adaptor yang tidak sesuai.
  3. Setelah itu koneksikan access point dengan laptop dengan menggunakan kabel straight.
  4. Buka sebuah web browser pada laptop, kemudian ketikkan alamat IP default dari access point tersebut. Sebelumnya saya telah menjelaskan bahwa IP default access point jenis ini adalah 192.168.1.1, namun pada praktek ini saya menggunakan access point yang IP address-nya telah diubah menjadi 10.10.7.1. Maka ketikkan IP 10.10.7.1 pada address bar, lalu tekan Enter pada keyboard.
  5. Setelah itu akan muncul sebuah kotak dialog Authentication Required. Isikan username dengan admin dan isikan password dengan admin. Kemudian klik OK.
  1. Kemudian akan muncul sebuah halaman web seperti berikut :
  1. Klik teks "Network" pada jendela sebelah kiri untuk mengatur tipe jaringan (Static IP / DHCP), main IP dari access point (IP local), dan subnet mask. Jika IP access point diubah dari IP default-nya, maka halaman web akan menghilang. Untuk menampilkannya kembali, ubah IP laptop sehingga menjadi se-network dengan IP access point yang baru. Setelah semua pengaturan selesai, klik Save. Contoh :
  1. Setelah itu lakukan pengaturan wireless dengan meng-klik teks Wireless pada jendela sebelah kiri kemudian pilih Wireless Setting.
  2. Pengaturan yang perlu dilakukan adalah pengaturan SSID (nama jaringan), Region, Channel (untuk informasi mengenai channel wireless, klik disini), dan Mode. Yang lainnya adalah pengaturan opsional (tergantung kebutuhan). Dalam hal ini saya membuat nama jaringan (SSID) yaitu tujuh. Setelah semua pengaturan selesai, klik Save. Contoh :
  1. Setelah itu lakukan pengaturan untuk DHCP agar device yang terkoneksi akan mendapatkan IP secara otomatis dari access point. Klik teks DHCP pada jendela sebelah kiri, kemudian pilih DHCP Settings. Dalam hal ini saya melakukan pengaturan range user sebanyak 10 client dari 10.10.7.10 - 10.10.7.20. Setelah semua pengaturan selesai, klik Save. Contoh :
  1. Setelah semua pengaturan selesai diberikan, reboot access point dengan meng-klik teks System Tools kemudian pilih Reboot.
  1. Sistem access point akan restart dalam beberapa saat yang diindikasikan oleh persentasi seperti gambar berikut :
Setelah proses restarting selesai, maka selanjutnya adalah lakukan pengetesan jaringan access point yang baru dibuat. Gunakan sebuah laptop lain untuk mengakses jaringan wireless dengan nama tujuh. Kemudian lihatlah IP DHCP yang diperoleh laptop tersebut selama terkoneksi dengan jaringan tujuh. Tentunya IP yang didapatkan akan berada pada range 10.10.7.10 sampai 10.10.7.20.

40 komentar:

  1. mas bro, gw setting persis ky d atas ,tp signal wifinya masi blm ketemu , mohon penceraha yg detail mas bro , kl bs kirim ke email w aja , g.garam73@ymail.com .... pleaseeee ane tunggu jwbannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mas_anonim yang pertama : maaf mas saya kurang ngerti sama pertanyaan mas, tapi yang saya tangkap yang mas maksud "signal wifi" tuh SSID. mungkin mas lupa enable "broadcast SSID". coba cek lagi :)

      Hapus
  2. mas saya punya TL-WA701ND, punya modem td-8817, ada akses speedy, gimana cara settingnya mas, supaya akses speedy bisa di sebarkan lewat TL-WA701ND, terimakasih mohon di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. @mas_anonim yang kedua : setau saya koneksi dari modem tuh bakal dapet IP address, masking, & gateway secara DHCP. nah kalo misalnya mas make modem di laptop / PC, coba konekin access point ke laptop / PC yang sama terus pake gateway yang sama dengan yang didapetin secara DHCP dari ISP-nya

      Hapus
  3. kalau make statis gmna di gabung ama mikrotiknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. @anonim yang ketiga : maaf saya baru balas comment ini. maaf juga karena saya belum pernah mencoba kombinasi access point dengan mikrotik

      Hapus
  4. saya dah seting seperti itu gan tp saya g bs akses internet mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. @anonim yang keempat > konfigurasi yang saya sampaikan sekarang cuma untuk mengkoneksikan access point ke user (PC client, smartphone, dll). untuk koneksi ke internet harus make IP gateway dari ISP yang dipake. jadi untuk koneksi ke harus pake modem yang bisa konek ke access point, trus IP yang didapet modem bisa dipake buat gateway :)

      Hapus
  5. bang maaf nih saya mau tanya, saya pake windows 8 64 bit saya mengikuti cara abang sampe akhir, tapi ketika saya menyambungkan kabel utp internet dari adsl ke router TL-WA701ND itu ga ke detect sama windowsnya. itu kira-kira saya harus gimana terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya coba koreksi pertanyaannya mungkin yang ga ke detect itu SSID-nya ya? coba aktifkan fungsi broadcast SSID

      Hapus
  6. Mas saya sudah setting sesuai dg buku petunjuk. alhamdulillah dah bisa konek ke access pointnya dan konek internet dg laptop. namun untuk HP dan Tablet saya hanya bisa konek ke AP nya saja. internetnya gak bisa konek, kenapa ya?. mohon pencerahannya Bang!
    terimakasih. Eko

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk terkoneksi ke AP hanya perlu ip address yang se-network dengan AP itu sendiri, tapi untuk terkoneksi ke internet perlu adanya DNS server dan gateway. coba cek HP atau tablet yang digunakan support DNS atau ngga. saya juga kurang yakin untuk masalah yang satu ini :)

      Hapus
  7. Mas, kalo untuk di buat "Access Point" dengan beda network itu gmn ya ? misalnya utk wireless sendiri kita pakek 192.168.1.10 - 20 (dhcp), sedangkan utk Kabel LAN nya kita pakek IP 10.10.10.10, itu bgmn ya ? Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk komunikasi lintas network (dari network 192.168.1.0 dengan 10.0.0.0) maka access point harus memiliki fitur sebagai wireless router, sedangkan untuk komunikasi lintas media (dari media kabel dengan media wireless) maka cukup dengan mengubah mode access point menjadi "bridge mode"

      mohon maaf untuk lebih dan kurangnya :)

      Hapus
  8. Halo mas say a di rumah pake modem ADSL tp link w8151n bawaan dari speedy, trus says ada ap tp link wa701nd. Gimana setting an untuk bisa wireless Tanpa kabel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Gimana setting an untuk bisa wireless Tanpa kabel?"
      maksudnya "gemana cara bikin jaringan wifi di rumah?" atau gemana?? maaf saya kurang paham pertanyaannya :D

      Hapus
  9. sore mas...mo nanya nih. say baru beli Ap TP-Link TL-WA701ND. saya kepingin warnet saya selain clientnya konek pake kabel lan tapi ada juga yg bisa konek pake koneksi wifi. saya pake dua lan card di komp billing. Topologinya seperti dibawah :

    server biling (winxp) - (lan card 1 : ip = 192.168.1.2) -----> switch <------ client (ip = 192.168.1.3 - 192.168.1.10).
    (lan card 2 : ip = 192.168.1.100) ------>AP (TP-Link TL-WA701ND) - (Ip = 192.168.1.254)
    sekarang permasalahnnya, koneksi biling untuk client terputus semua, tapi internet tetap jalan. masalahnya dimana ya...atau saya salah mengkonfigurasikan. Mohon pencerahannya.
    terima kasih
    Sammy

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk saya yang masih tingkat SMK, saya belum ngerti konsep penggunaan 2 LAN card di sebuah komputer (karna praktek aja belum pernah)..tapi saran saya coba access pointnya pasang ke switch aja..

      Hapus
  10. yakin g ya ini DHCP nya bisa jalan? soalnya ane coba g bisa jalan. sudah disabel and enabel sama aja. mesti kudu masukin ip secara manual di client

    BalasHapus
  11. thanks bro informasinya, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  12. Mas Yudi, sya punya akses point connect ke router mikrotik. dan modem TP-link sebagai bridge. Masalahnya tidak semua laptop bisa connect ke akses point. Gimana solusinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak semua laptop yg bisa konek tuh kaya gemana ya detailnya?

      Hapus
  13. Mungkin pertanyaan yang dimaksud "Anonim" sebagian Laptop tidak bisa konek ke Access Point mungkin diminta PIN access point (bukan password SSID/ WIfi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sudah ada yang seperti itu?? jujur saya belum tau :D

      Hapus
  14. gw lagi bingung , baiknya di kasih DHCP apa static yah? access point maksudnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. DHCP aja supaya client gausah repot2 masang IP tiap konek ke wifi

      Hapus
  15. mengapa ketika modem saya relay dgn mikrotik n modem masih menampilkan wifi asli bawaan modem cntoh
    wifi sya dari mikrotik = a
    wifi modem yang tak jadikan ap = b
    tp knapa ktika sudah tak relay b masih muncul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bos pertanyaannya saya kurang paham, masih belum pinter nih :D

      Hapus
    2. Kira kira nih antara yg jadi AP dan jadi Router semua keluar SSID nya.
      Seharusnya yang untuk AP (nangkap aja) ga boleh keluar SSIDnya.
      Dan mungkin solsine untuk yg jadi AP (nangkap) SSID Broadcashnya harus di matikan (hilangkan centang).
      Harus di set satu satu dulu baru di hubungkan gitu kira-kira..

      Hapus
    3. oh iya mungkin seperti itu, "disable broadcast SSID", betul om Najib? :D terima kasih

      Hapus
  16. itu kalo di pake buat koneksi broadband biasa apakah efeknya bagus atau seperti apa ya ? apa benar acces point dan ip dns berpengaruh terhadap kecepatan koneksi ? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus jeleknya koneksi tergantung dari lebar bandwidth dan kualitas ISP yg digunakan :)

      Hapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Mas, kabel antena grid pakai pigtail bisa d masuki ke antena wa701nd?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas Yakub, saya lupa WA701ND ada port pigtail atau tidak, tapi rata2 pasti ada

      Hapus
  19. Mas cra instal ulan WA701ND gimna yah jika slah instal

    BalasHapus