Minggu, 30 Oktober 2011

Konfigurasi Kabel UTP

TABEL KONFIGURASI KABEL TWISTED PAIR


T 568 A
T 568 B
PIN
WARNA
PIN
WARNA
1
White/Green
1
White/Orange
2
Green
2
Orange
3
White/Orange
3
White/Green
4
Blue
4
Blue
5
White/Blue
5
White/Blue
6
Orange
6
Green
7
White/Brown
7
White/Brown
8
Brown
8
Brown

T568A

T568B

Berdasarkan koneksi yang akan dibuat, konfigurasi kabel dibedakan menjadi
Straight, Cross Over, dan Roll Over.

  1. Straight
    Konfigurasi jenis ini digunakan untuk manghubungkan device yang berbeda. Contoh : PC ke Switch, PC ke Hub, Hub ke Switch, dll.
    Konfigurasinya adalah dengan menyamakan standar kedua ujungnya, misalnya jika ujung pertama menggunakan standar T568A maka ujung yang lainnya menggunakan standar T568A juga. 
  2. Cross Over
    Konfigurasi ini digunakan untuk menghubungkan device yang sejenis, seperti PC ke PC (peer to peer), Switch ke Switch, Hub ke Hub, dll.
    Konfigurasinya adalah membedakan standar kedua ujungnya.
    Misal T568A dengan T568B. 
  3. Roll Over
    Konfigurasi ini digunakan untuk menghubungkan PC ke Console Router.
    Konfigurasinya adalah dengan membuat ujung pertama dengan menggunakan sebuah standar (T568A maupun T568B), kemudian membuat ujung kedua dengan urutan warna pin yang merupakan kebalikan dari urutan warna pin ujung yang pertama. Contoh :
    Jika ujung pertama menggunakan T568B (White/Orange - Orange - White/Green - Blue - White/Blue - Green - White/Brown - Brown), maka ujung yang kedua menggunakan urutan warna kebalikan dari ujung pertama (Brown - White/Brown - Green - White/Blue - Blue - White/Green - Orange - White/Orange).
Namun, sesuai dengan perkembangan, device-device keluaran terbaru sudah mampu mendefinisikan setiap standar kabel yang dipasangkan kepada device tersebut. Perlu dicatat! Penginstalan kabel UTP sesuai standar yang ditentukan sangatlah baik walaupun terkesan "ketinggalan jaman". Karena jika konfigurasi yang digunakan sesuai standar akan mempengaruhi performa jaringan, terutama jika jaringan tersebut sudah terhubung ke jaringan lain sehingga membentuk jaringan yang lebih besar.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar