Minggu, 09 Oktober 2011

Management Packet pada Linux

MANAGEMENT PACKET

File dengan ekstensi tar.gz atau tar.bz2 ini biasanya adalah sebuah source code dari sebuah aplikasi. Ada 2 macam model distribusi packages GNU/Linux, yaitu :
a. Binary Packages
b. Source Packages

Binary Packages, dibuat untuk
tujuan penggunaan secara umum, maksudnya adalah agar packages dapat dijalankan di semua tipe dan arsitektur komputer. Biasanya distribusi ini juga tidak menggunakan opsi-opsi khusus yang terdapat di salah satu tipe atau arsitektur komputer tertentu. Contoh binary packages ini adalah semua packages yang ber-ekstensi *.deb, *.rpm, *.tgz dan *.txz.
Source Packages, distribusi ini menyertakan file source code asli dari aplikasi-nya. Biasanya pihak pengembang pasti menyertakan atau menyediakan distribusi model ini untuk di download. Sedangkan untuk end-user, bisa menggunakan source code ini jika para pengembang tidak menyertakan Binary Packages untuk distribusi GNU/Linux yang digunakan.

————————————————————————————————————

tar.gz & tar.bz2
 
Pengekstrakan file tar.gz adalah dengan menggunakan perintah
tar -zxf [namafile].tar.gz

tambahkan opsi v (verbose) jika ingin melihat proses pengekstrakannya

Pengekstrakan file tar.bz2 adalah dengan menggunakan perintah
tar -xjf [namafile].tar.bz2
tambahkan opsi v jika ingin melihat proses pengekstrakannya

Hasil dari pengekstrakannya adalah sebuah direktori yang bernama sama dengan file-nya. Ketikkan ls untuk memastikan bahwa direktori sudah terbentuk. Ketikkan
cd [nama direktori]
untuk masuk ke dalam direktori tersebut kemudian baca file Readme dan Install dengan nano atau gedit untuk mengetahui library yang dibutuhkan untuk menginstall file tersebut, baca pada begian Requirement.

Cara penginstalannya cukup mudah yaitu dengan menjalankan dengan perintah ./configure - ./install - atau bash install.sh.

————————————————————————————————————

deb

Cara penginstalan file deb adalah dengan menggunakan perintah
dpkg -i [nama file].deb
atau
apt-get install [nama file].deb

Referensi :
http://martinusadyh.web.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar